KOPERASI LIGUN DAN PT. STP DIDUGA PAKAI TANAH NEGARA PERUM PERHUTANI

Purwakarta, senin,4/4/12

Memang Koperasi Liung Gunung sudah sejak lama mengelola pertambangan batu  setelah Proyek PJB Pembangkit Listrik Tenaga Air  (PLTA) Cirata dan BPWC selesai dibangun.

Berdirinya Koperasi Liung Gunung (LIGUN) setelah Proyek  Jawa Bali PLTA Cirata dengan izin hak  guna pakai pasalnya lahan tersebut  masih  kepemilikan Proyek PLTA Cirata hingga kini artinya belum diserah terimakan kepada Perum Perhutani wilayah Purwakarta, seharusnya sudah dikembalikan.

Tahun 2010 hingga kini Kop.LIGUN telah memperluas tanah garapannya ke arah atas Utara . Sedangkan  lokasi tanah tersebut adalah Tanah Negara (TN ) yang dikelola oleh Perhutani Wilayah Purwakarta. Selanjutnya  perluasan tanah garapan tersebut  yang dilakukan oleh KOP.LIGUN,PJB Cirata dan BPWC  tersebut ternyata diberikan kepada investor dengan  nama  PT. Sumber Tiga Permata (STP).

Menurut sumber yang dapat dipercaya ( H.Hotib ) ia adalah  tokoh masyarakat Ligun, bahwa Tanah tersebut adalah milik Perhutani. Seharusnya  Proyek JB PLTA Cirata dan BPWC , pasalnya Badan Pengelola waduk Cirata (BPWC) dulu membebaskan tanah adat  seluas kurang lebih hanya 82 Ha dan kini  proyeknya pun sudah selesai. Tapi kenyataan tidak sampai disitu garapannya malah menggeser ke arah atas yaitu milik Perhutani lalu di berikan ke PT.STP, katanya. Kemungkinan Investor tidak tahu bahwa tanah yang di berikan adalah Tanah Negara Perum Perhutani.

Menurut informasi masyarakat diduga tidak memiliki izin usaha kepemilikan tanah dari Perum Perhutani, perusahaan  tersebut tidak pernah mengurus izin atau tukar guling kepemilikan lahan ke Perum Perhutani. Kalau itu betul tidak mengurus izin kepemilikan tanah garapannya  di pastikan ada unsur penyerobotan tanah negara, tambahnya.

Juga menurut Waka Perhutanai KPH Purwakarta Rachmat, menolak ada kerja sama untuk melegalkan hak guna pakai Kop.Ligun, PT.STP dan BPWC, tidak sama sekali, katanya saat ditemui  di kantornya minggu lalu. Untuk lebih urgen dan otentik lagi kami akan turun kelapangan atas atas dugaan penyerobotan tanah Negara, tambahnya.

Kalau Kop.Ligun dan PT.STP telah bekerja sama dalam hal ini, maka ia benar-benar telah menyerobot Tanah Negara dengan UU Kehutanan dengan ancaman Pidana tentang penyerobotan lahan TN. ( Tim PM )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s