Seminar Sehari di Graha Convention Centre Hall Jatiluhur

*Bupati Purwakarta memberikan sambutan seminar.

*saat kedatangan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, SH

* Peserta Seminar Sudah Memenuhi ruangan

*Paling  kiri : Safruddin Ahmad SH ( Ketua MIM DPD I Jawa Barat )..

Paling Kanan : Pengurus DPP MIM..

Sabtu 15 oktober 2011 Bupati Purwakata menyempatkan hadir dalam seminar yang dilaksanakan di Grha Vidya Convention Hall Jatiluhur, Purwakarta.  Hadir pula Kepala Desa Jatimekar, Camat Jatiluhur, Danramil, Kepala Dinas Perikanan Provinsi, Dinas Peternakan, Polres Purwakarta, Pejabat PJT II Jatiluhur, dan para peserta dari berbagai kalangan, Serta perwakilan pengurus MIM se-pulau Jawa. Apa Kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, SH dalam sambutannya pada seminar yang  diselenggarakan oleh Masyarakat Indonesia Membangun ( MIM ) DPD I Jawa Barat di Grha Vidya Convention Hall Jatiluhur Purwakarta. Bupati dengan pakaian khasnya Putih – Putih serta ikat kepala sangat memberikan apresiasi Kepada ormas Masyarakat Indonesia Membangun ( MIM ) yang telah menyelenggarakan seminar dengan tema Potensi Perikanan Darat dan Peternakan Unggas Rakyat Mandiri Menuju Ketahan Pangan, tidak biasanya sebuah ormas  mengambil tema tentang ketahanan pangan, bukan tema yang berkaitan dengan masalah politik. Lebih jauh Bupati menjelaskan kedepan akan mewajibkan anak anak desa punya domba, balong, dan unggas, serta berternak harus menjadi bagian dari sekolah. Pada akhir sambutan Bupati berharap semoga Ayam Jago ditimur berkokok lagi dan macan mengaom lagi. Selanjutnya dari Pengurus MIM Pusat Fathan Mubina mengajak untuk berbakti kepada Tuhan dengan cara Mengenyangkan perut ( Memenuhi pangan ) dan Menenangkan ( Memberi rasa aman ). Dan berterima kasih kepada MIM Jabar yang telah menyelenggarakan seminar sebagai langkah awal untuk program Indonesia Kuat yaitu Kuat pangan dan kuat Keamanannya dan mampu menjadi ragi bagi kegiatan ekonomi. Program ini sangat sinergi kata Ketua Pengurus MIM DPD I Jawa Barat  dalam sambutannya mengatakan persoalan pangan tidak hanya sebatas beras tapi ikan dan unggas tidak boleh dilupakan. Karya nyata adalah tindak lanjut setelah selesai seminar dengan mensinergikan antara pemerintah, masyarakat, praktisi dan kalangan akademis untuk bisa mengangkat ketahan pangan. Selanjutnya seminar di buka oleh Ketua MIM DPD I dengan moderator  Dini Desriani SSos MAPS, dengan Nara sumber Prof Dr Ir Peny MSc, Dr Odang Carman MSc, Dr Mustahal MSc, namun sayang nara sumber Kepala Dinas Peternakan Provinsi H Koesmayadi TP tidak hadir namun beliau mengutus Ibu Pipin sebagi penggantinya. Seminar berlangsung dengan semangat dan terlebih ketika nara sumber Profesor Peny menyampaikan makalahnya disambut oleh peserta seminar dengan sangat antusias. Seminar berakhir pukul 17.00  sebelum pulang peserta menyempatkan diri  berkeliling melihat bendungan Ir Djuanda Jatiluhur selanjutnya seminar merumuskan hasilnya sebagai berikut :

Indonesia sebagai Negara berpenduduk terbesar ke empat di Dunia dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 1,3 % pertahun selalu mengalami permasalahan dibidang pangan. Karena pangan adalah kebutuhan dasar manusia, maka kestabilan urusan pangan berdampak pada berbagai aspek kehidupan.

Ketahanan pangan khususnya pangan hewani juga mengalami hal yang sama, hal ini tercermin dari tingkat konsumsi protein hewani rakyat Indonesia terendah di Asia Tenggara. Rendahnya konsumsi protein hewani rakyat Indonesia antara lain karena rendahnya daya beli dan pendapatan

Permasalahan ini sebenarnya telah disadari oleh pemerintah dengan adanya gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) berbasis bahan lokal dan adanya target pemerintah menaikkan skor Pola Pangan Harapan (PPH) dari 75,7 ke 93,3 pada tahun 2014.

Kondisi demikian hendaknya disadari oleh semua pihak yang terkait antara lain Pemerintah, Kalangan Akademisi, Praktisi maupun masyarakat pada umumnya. Maka Masyarakat Indonesia Membangun (MIM) sebagai ormas terpanggil untuk memberi konstribusi terhadap solusi permasalahan tersebut diatas, ini sejalan dengan manifesto Masyarakat Indonesia Membangun (MIM) yang terkait dengan tema diatas :

  • Membangun untuk adil dan makmur
  • Membangun untuk meningkatkan kesejahteraan umum
  • Membangun untuk mencerdaskan kehidupan bangsa
  • Dan membangun untuk keadilan sosial

Maka dalam kesempatan yang baik ini kami dari Masyarakat Indonesia Membangun (MIM) DPD I  Provinsi Jawa Barat merekomendasikan kepada pihak-pihak terkait antara lain :

  1. Masyarakat Indonesia Membangun (MIM) menjadi mitra pemerintah dalam merealisasikan program-program yang berkenaan dengan potensi perikanan darat dan peternakan unggas rakyat mandiri menuju ketahanan pangan.
  2. Masyarakat Indonesia Membangun (MIM) menjadi mitra instansi-instansi yang bergerak dibidang perikanan dan peternakan.
  3. Masyarakat Indonesia Membangun (MIM) menjadi pelaku, pendamping serta pembina dalam mewujudkan pelaksanaan usaha produksi perikanan dan peternakan keluarga yang berbasis bahan lokal.
  4. Untuk menjadi pelaku, pendamping serta pembina dalam mewujudkan usaha produksi perikanan dan peternakan, Masyarakat Indonesia Membangun (MIM) menjalin kemitraan dengan pihak Akademisi untuk meningkatkan sumber daya manusia para anggotanya.

Keberhasilan program ini tidak terlepas dari niat dan kerjasama yang baik, dari semua pihak-pihak yang terkait yaitu Pemerintah, Akademisi dan Praktisi / Masyarakat Peternak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s